...

Apa itu Limit Kredit?

Limit kredit merupakan batas maksimal dari dana yang bisa dipinjam seseorang dari layanan jasa keuangan, seperti halnya kartu kredit dan paylater. Limit kredit ditentukan untuk membatasi jumlah pinjaman yang dapat diajukan oleh debitur, tujuannya agar pinjaman sesuai dengan kemampuan bayar dan mengurangi risiko kerugian bagi debitur ataupun perusahaan jasa keuangan. Perusahaan jasa keuangan baik itu bank, perusahaan pembiayaan maupun fintech pendanaan bersama tidak akan sembarang memberikan pinjaman sesuai permintaan debitur. Perusahaan akan menyesuaikan jumlah pinjaman sesuai limit kredit yang bisa dijadikan sebagai tolok ukur tingkat risiko yang bisa diterima perusahaan jasa keuangan. Salah satunya yaitu risiko gagal bayar atau kredit macet oleh pihak debitur karena tak mampu melunasi cicilan.

Limit Kredit pada setiap orang ditentukan oleh beberapa faktor, yang menjadi pertimbangan perusahaan jasa keuangan dalam menentukan limit kredit.

  • Pendapatan
  • Pendapatan menunjukkan kemampuan atau kesanggupan debitur dalam membayar cicilan, biasanya perusahaan jasa keuangan akan meminta bukti rekening koran dan slip gaji sebagai bukti pendapatan.

  • Riwayat kredit
  • Riwayat kredit menunjukkan reputasi debitur dalam mengelola pinjaman sebelumnya. Perusahaan jasa keuangan akan mengeceknya melalui Sistem Layanan Informasi Keuangan OJK (SLIK OJK), untuk mempelajari reputasi kredit Sobat dapat membaca kembali artikel berikut ini. Debitur dengan riwayat kredit buruk cenderung diberikan limit kredit yang terbatas bahkan pengajuannya dapat ditolak karena dianggap memiliki risiko gagal bayar.

  • Status kepemilikan rumah
  • Tidak hanya dapat dijadikan sebagai jaminan, rumah merupakan salah satu aset yang dapat dijadikan indikator keuangan debitur. Debitur yang tinggal di kontrakan/kos/menanggung cicilan KPR akan lebih terbatas mendapatkan persetujuan limit kredit.

  • Jumlah pinjaman yang diajukan
  • Jumlah ini merupakan nilai pinjaman yang diajukan oleh debitur berdasarkan penilaian pribadi debitur. Selanjutnya, perusahaan jasa keuangan akan membandingkan hal ini dengan pendapatan dan karakteristik lain untuk menentukan limit kredit. Artinya jumlah pinjaman yang Sobat ajukan belum tentu disetujui namun akan dijadikan pertimbangan dalam menentukan limit kredit.


Jenis Limit Kredit

Jenis Limit Kredit Penjelasan
KTA

Merupakan singkatan kredit tanpa agunan, KTA adalah jenis pinjaman yang tak mewajibkan nasabah memberi agunan atau jaminan ketika mengajukan kredit. Tapi, meski memberi kemudahan tersebut, limit kredit tanpa agunan ini biasanya ditentukan dari besarnya penghasilan nasabah. Selain itu, limit KTA ini juga biasanya tak terlalu tinggi guna meminimalkan risiko gagal bayar.  

Kredit Multiguna

Kredit multiguna sering dijadikan pilihan bagi debitur yang ingin mendapat pinjaman dengan lebih praktis dan limit yang relatif tinggi. Berbeda dengan KTA, jenis kredit ini mengharuskan debitur memberi jaminan berupa aset berharga, seperti BPKB atau sertifikat rumah agar bisa mengajukannya. Tapi, karena memberi jaminan tersebut, limit kreditnya lebih besar dan menyesuaikan dari nilai aset yang dijaminkan. 

Kredit Usaha Rakyat

Biasa disingkat KUR, layanan kredit ini disediakan oleh pemerintah guna membantu perkembangan usaha mikro. Setiap bank mempunyai kebijakan tersendiri mengenai limit pinjaman yang bisa dicairkannya. 

Kredit Pemilikan Rumah

KPR merupakan jenis pinjaman yang menyediakan kemudahan bagi masyarakat untuk bisa membeli rumah secara kredit. Batas kredit yang diberikan pada jenis pinjaman ini umumnya disesuaikan dari harga rumah yang ingin dibeli dan pendapatan tetap debitur tiap bulan.

Kartu Kredit

Terakhir ada kartu kredit di mana limit kreditnya ditentukan berdasarkan dari pendapatan bulanan nasabah, termasuk jumlah cicilan yang dimiliki, status kepemilikan rumahnya, serta nominal kredit yang diinginkan. Tentunya, pengajuan limit pinjaman pada kartu kredit ini masih harus disesuaikan dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

sumber :
deposito
Simulasi Angsuran
Kredit Multiguna
Daftar Investasi Ilegal
Klik gambar dibawah!
Warning Data Investasi Ilegal

TERDAFTAR DAN DI AWASI OLEH :

INFO TERKINI

Semua Kalangan Pelaku Bisnis Bisa Mendaftar

Para pelaku usaha Kecil dan Menengah, ASN atau Aparatur Sipil Negara, Para usahawan yang baru akan merintis usahanya, Para pemberi modal usaha

Last updated 3 mins ago

Apa itu Limit Kredit ?

Agar pinjaman sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan bayar atas dana yang bisa dipinjam dari Layanan Jasa Keuangan, sebelum mengajukan pinjaman/kredit baca ini terlebih dahulu?

Last updated 12 Okt 2023